Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Inilah Faradika » Inilai Faradika Bagian 6 “Masa SMA, Kenal dengan Wirausaha”

Inilai Faradika Bagian 6 “Masa SMA, Kenal dengan Wirausaha”

(959 Views) October 20, 2012 10:00 am | Published by | No comment

Setelah dinyatakan lulus SMP, dengan hasil yang tidak terlalu memuaskan tapi membanggakan. 😀 , banyak anggota keluarga yang menyuruh untuk melanjutkan pendidikan ke luar dari kampung saya, ke Kota Padang atau ke Payakumbuh saja SMA katanya, sudah banyak saya dicarikan sekolah oleh famili, namun hati ini belum juga kuat dan bisa memilih, hingga ankhirnya Ayah berkata, disini (dikampung) sajalah sekolah, nanti belikan komputer murah, dan isi kedai depan rumah tu dengan komputer dan buka pengetikan, itu kata Ayah, tanpa pikir panjang itulah keputusannya, saya langsung mendaftar di SMA N 1 Kapur IX, dan tidak pernah coba di sekolah lain untuk mendaftar.

Foto Bersama kelas XI IA 1,

Seiring berjalannya aktifitas sekolah, sayapun mulai membenahi kedai kecil dipojok rumah, dan mulai meletakkan sebuah komputer Pentium 2, memorinya 64 MB, HDD nya 3,2 GB, komputer yang sangat super sederhana kalau dilihat zaman sekarang, tapi kala itu masih sangat canggih, karena masih jarangnya komputer dikampung saya.

Usaha ini saya jalani dengan modal COBA COBA, karena tau apa tentang komputer, cuma waktu itu ada abang saya yang sedang kuliah di padang jurusan Komputer, itu saja yang diandalkan, tapi itu hanya bagian kecil yang mengajarkan saya, yang paling besar itu adalah kemauan dari diri sendiri.

Dengan komputer pentium dua itulah saya mengenal yang namanya komputer sesungguhnya, mulai dari mengetik 11 jari, hingga akhirnya bisa mengetik dengan 10 jari semua berkat komputer itu, saya disana belajar Office, belajar Corel Draw, Belajar Potoshop, dan banyak lagi aplikasi lainnya, Alhamdulillah ilmu coba-coba saya tersebut menghasilkan uang, banyak yang bisa saya kerjakan disana, mulai membantu orang mengetik, print, dan edit foto, meskipun editannya gak karuan tapi saat itu sudah sangat hebat saya, terutama menurut saya sendiri, satu lagi yang membuat orang tertarik saat itu ketika saya foto, dan langsung keluat hasilnya, itu sebuah hal yang sangat baru bagi kami disana.

Berkat kemauan dan ilmu otodidak saya itu, alhamdulillah tidak pernah lagi minta uang jajan sama orang tua, sudah bisa hidup sendiri, meskipun makan sama orang tua, hehe, tapi setidaknya untuk uang jajan ditak minta lagi, dan bahkan juga sering mentraktir teman sekelas kalau dapat job yang agak besar. Hingga saat ini kedai itu masih berdiri disana, dengan merek terpasang disana Visual Komputer, dankomputer pentium 2 itupun juga masih saya simpan, meskipun hardisknya sudah 5 kali ganti, karena ulah saya otak atik dan keseringan install ulang. Tapi semua itu mejadi sangat berharga saat ini, dan kelas 2 SMA saya dipercaya juga menjadi teknisi labor Komputer di SMA.

Pengalaman Organisasi dan Belajar

Semasa SMA saya sangat jarang naik podium kedepan dalam hal menerima penghargaan dapat rangking, karena sudah tidak fokus pada pelajaran, sbiuk cari uang dan sibuk organisasi saja, jadi pelajaran itu dianggap sepele, dan akhirnya juga kewalahan sebelum UN. Mendapat nilai pas-pasan di rafor itu sangat sering saya alamai, dan kadang ada yang tidak tuntas dan harus mengulang.

Semasa SMA saya juga aktif di OSIS, pernah juga menjabat sebagai ketua OSIS saat kelas 2 SMA. dan pengalaman itu mengajarkan saya untuk lebih bisa memanajemen waktu saat ini.

This post was written by Faradika,M.Kom
About

faradika.com | Media Sharing Informasi yang bermanfaat, Media untuk belajar bagi siapa yang ingin belajar, Semoga Informasi yang disampaikan pada Web ini bermanfaat dan berguna - Jangan Lupa tinggalkan komentar, Salam Sapa dari Kami

Categorised in:

No comment for Inilai Faradika Bagian 6 “Masa SMA, Kenal dengan Wirausaha”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *