Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BISNIS » 6 Langkah Awal Memulai Blog Agar Menghasilkan untuk Pemula

6 Langkah Awal Memulai Blog Agar Menghasilkan untuk Pemula

(969 Views) October 17, 2014 11:15 am | Published by | No comment

blogging_0Kali ini saya akan coba membahas dan berbagi pengalaman bagaimana cara memulai membuat blog dan menulis di blog. Rasa penasaran yang banyak muncul pada orang-orang terutama teman-teman yang di sekeliling saya sendiri baik di lingkungan kerja, teman di jejaring sosial dan media lainnya.

Keinginan untuk mendapatkan penghasilan dari menulis di blog mungkin adalah keinginan semua orang, apalagi orang yang sudah mengerti sedikit dengan internet, namun ternyata banyak yang masih bertanya-tanya bagaimana cara memulainya, dan bisakah orang yang tidak mengerti teknologi mendapatkan penghasilan dari blog ?, Menurut saya bisa, krena kunci utama dari sukses atau tidaknya kita dalam membangun sebuah blog yang bisa menghasilkan uang adalah konsisten menulis artikel dan membuat konten yang bermanfaat.

Ada 6 Langkah awal yang bisa dilakukan untuk memulai membuat blog agar bisa menghasilkan uang nantinya, namun jangan fokus pada uang diawal membuat blog, fokus saja pada menulis dan konten, karena niatkan blog ini akan berguna untuk jangka panjang kita, maka harus dimulai dan dibangun sebaik mungkin agar bertahan lama.
Berikut 6 langkah yang harus dilakukan oleh pemula dalam mambangun blog yang bermanfaat

1. Cari Ide dan Fokuskan pada satu topik
Mencari ide untuk sebuah blog itu susah-susah gampang, dibilang susah kadang ide itu muncul ketika kita tidak berada dalam situasi yang pas, seperti sedang dalam perjalanan muncul ide untuk menulis di blog, tapi setelah sampai di depan komputer dan internet, ide itu hilang, dan bahkan bingung mau menulis apa.
Jadi, saran saya untuk ide ini sebaiknya pilih yang sesuai Hobi, kenapa sesuai hobi ?, karena sesuatu yang menjadi hobi kita, tentu akan enjoy dan lebih nyaman melakukannya.
Contoh, saya hobi membaca buku, ide blog yang cocok dibuat itu adalah membuat blog resensi buku, jadi semua buku yang dibaca itu buatkan resensinya dan publish ke blog.
atau yang hobi musik, bikin blog yang membahas tentang musik, mulai dari alat musik yang ada, cara memainkan alat musik, bahkan bisa juga di posting daftar harga alat musik.

2. Siapkan Artikel sebelum membuat Blog
Sebelum membuat blog atau mendaftar sebaiknya siapkan artikel setidaknya ada 5-10 artikel yang membahas sesuai topik atau ide kita tadi. Tujuannya agar disaat membuat blog, kita sudah ada bahan untuk di posting pertama kali, dan ini penting agar blog yang kita bangun itu langsung bisa terindex oleh mesin pencari.

3. Buat Alamat blog Serasi dengan Topik atau Ide
Membuat alamat blog atau domain yang tepat dalam blog itu penting, agar pertama mudah diingiat, kedua berkaitan dengan isi blog, ketiga potensi dicari orang lebih besar.
Contoh, jika kita ingin membuat blog yang isinya resensi buku, maka sebaiknya alamat blog itu seperti www.kumpulanresensibuku.blogspot.com atau bagi yang meu beli domain langsung boleh pakai www.kumpulanresensibuku.com.

4. Pilih tampilan blog yang nyaman dan Serasi
Tampilan blog juga berpengaruh pada jumlah pembaca nantinya, karena tampilan blog yang nyaman akan membuat pembaca betah berkunjung di blog kita. Jadi pilih tampilan yang memiliki tata letak yang bagus, dan peraduan warna yang baik.

5. Atur Jadwal Menulis
Ini yang menjadi faktor kegagalan blogger pemula biasanya, tidak konsistennya dalam menulis dan mengisi blog, ini faktor yang sangat diwaspadai, karena kesuksesan itu tidak akan datang kalau tidak serius dan fokus. Jadi usahakan fokus untuk menulis diawal, setidaknya 1 artikel per hari dan itu adalah hasil karya sendiri.

6. Daftarkan Blog ke Penyedia Layanan Iklan
Setelah konsisten menulis dan memiliki rating yang bagus, dengan pungunjung ke blog sudah banyak, lakukan pengajuan permohonan kepada penyedia layanan iklan seperti Google Andsense. Kita baru bisa mendapatkan penghasilan setelah blog atau permohonan kita disetujiu oleh google adsense. yang dibutuhkan sebelum mendaftar ini adalah kerja keras mengisi dan konsisten mengisi blog, menulis dan membuat konten bermanfaat.

Sekian sedikit sharing bagaimana memulai blog untuk pemula, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan kirim ke tanya[at]faradika.com

This post was written by Faradika,M.Kom
About

faradika.com | Media Sharing Informasi yang bermanfaat, Media untuk belajar bagi siapa yang ingin belajar, Semoga Informasi yang disampaikan pada Web ini bermanfaat dan berguna - Jangan Lupa tinggalkan komentar, Salam Sapa dari Kami

Categorised in: ,

No comment for 6 Langkah Awal Memulai Blog Agar Menghasilkan untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *